Bursa Sapronak

Featured items

 
 

Bahan Baku Konsentratrss

Bahan baku konsentrat

Konsentrat merupakan pakan penguat yang terdiri dari bahan pakan yang kaya karbohidrat dan protein. Menurut Darmono (1993) konsentrat adalah pakan yang berasal dari biji-bijian dan mengandung protein yang cukup tinggi dan mengandung serat kasar kurang dari 18 %.

Hartadi et al. (1997) menambahkan bahwa konsentrat adalah suatu bahan pakan yang dipergunakan bersama bahan pakan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan makanan dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen (pelengkap) atau makanan pelengkap.

Pakan penguat atau konsentrat diberikan dengan tujuan menambah nilai gizi pakan, menambah unsur pakan yang defisiensi dan meningkatkan konsumsi pakan (Murtidjo, 1993).

Konsentrat sangat dibutuhkan oleh ternak ruminansia, karena berguna untuk membentuk daging, merangsang pertumbuhan mikrobia rumen yang mencerna serat kasar, meningkatkan palatabilitas (tingkat kesukaan). Konsentrat biasanya diberikan sebelum pakan kasar atau hijauan. Hal ini dimaksudkan agar mikrobia rumen telah mendapat cukup energi sehingga dapat berkembangbiak secara optimal dan selanjutnya mikrobia tersebut diharapkan mampu mengkonversi pakan kasar yang berupa hijauan menggunakan enzyme selulase dan kemudian diserap oleh tubuh ternak.

Konsentrat dibuat dari bahan baku pakan yang kaya karbohidrat dan protein, antara lain berbagai jenis biji-bijian, bahan baku dari protein hewani, dan hijauan.

Example classifieds in regions